Thursday, May 26, 2011

Ada apa sih di Laboratorium Internet Dasar??

Internet, kita mungkin sudah mengerti betul mengenai internet, mungkin tanpa dijelaskan pun kita sudah mengerti cara menggunakan internet karena itu adalah hal yang biasa sekarang, namun sesungguhnya banyak hal mengenai internet yang kita belum ketahui, dan hal ini kita bisa dapatkan pada praktikum laboraturium dasar internet Gunadarma, kita mempelajari tentang dasar-dasar internet yang pada umumnya kita ketahui, namun ada juga hal baru yang bisa kita pelajari. Di laboratorium internet dasar kita di ajarkan benar-benar pengetahuan awal yang sudah kita ketahui maupun belum. dan terkadang diselingi dengan tanya jawab tentang pengetahuan internet setelah materi di ajarkan kepada mahasiswa sehingga kita dapat menambah pengetahuan dalam materi internet, menurut saya itu semua sangat bagus untuk dilakukan agar tidak jenuh dengan materi yang ada, membuat selingan dengan hal-hal yang bermanfaat.

Penilaian untuk Lab Internet dasar
Menurut saya, mungkin materinya lebih diperbaruhi lagi sehingga mahasiswa tidak jenuh, dengan perkembangan teknologi maka materi juga harus diperbaharui. Karena Gunadarma adalah universitas yang berbasis teknik informatika, jadi harus tetap menjaga kualitas bukan hanya kuantitasnya saja, dari segi komputer pun sangat kurang bagus, terlihat sekali bahwa perhatian kampus pada lab ini sangatlah kurang terlihat dari komputer yang sudah sangat amat jelek dan beberapa yang rusak. Menurut saya lab ini seperti dianak tirikan jika dibandingkan dengan laboratorium lain yang terlihat lebih mewah. Dan jumlah komputer pun tidak sepadan dengan jumlah siswa yang banyak, hal ini membuat satu komputer digunakan oleh lebih dari satu siswa, sehingga mahasiwa tidak bisa mencerna dengan baik karena keterbatasan komputer ini. Lalu ruangan yang digunakan pun terlihat sangat sempit, mungkin perlu diperluas lagi supaya lebih nyaman. Disini juga jaringan internet sangat lemah sehingga kita sebagai pengguna laboraturium internet ini sangat terganggu dengan lamanya search di internet dan lebih parahnya lagi ada beberapa komputer yang tidak bisa melakukan koneksi internet yang membuat sebagian mahasiswa hanya diam tanpa adanya kegiatan parktek apapun.
Tetapi saya merasa cukup mendapat pengetahuan dengan terbatasnya alat-alat yang disediakan oleh pihak kampus, dengan pengetahuan yang diberikan oleh para tutor, sangat membantu saya dalam praktek internet dasar ini. Laboraturium internet ini hanya mengasah kemampuan kita, sehingga dapat dicerna dengan baik tanpa mengalami kesulitan jika mengalami kesulitan maka tutor akan membantu kita pada saat kita mengalami kesulitan dan pasti kita akan dibantu jika kita bertanya bila tidak tahu tentang materi yang disampaikan. Tutor sangat interaktif dalam mengajar dan tidak ada kebosanan pada saat tutor menyampaikan materinya sehingga kita sebagai mahasiswa menikmati saat dijelaskan, dengan diberi nilai maka kita sebagai mahasiswa ingin menjawab dengan diberikan nilai pada saat kita menjawab pertanyaan yang diberikan kepada tutornya sehingga keadaan dikelas sangat kompeten kita semua bersaing menjawab untuk mendapatkan nilai yang baik untuk mencapai hasil yang baik pula.Pertanyaan yang ditanyakan banyak sehingga hampir semua mendapatkan nilai tambahan untuk materi internet dasar ini, menururt saya metode pengajaran bagus, ketika diajarkan saya mengerti apa yang dijelaskan oleh tutornya sehingga saya dapat mencerna ilmunya dengan baik dan menambah ilmu saya yang dapat saya gunakan.
Sebenarnya tutor sudah bagus menyampaiakan materi hanya saja, saya ingin menambahkan agar tutornya ditambahkan sehingga bagi yang tidak mengerti langsung dihampiri dan dijelaskan agar bisa langsung dipraktekan, karena setiap mahasiswa memiliki cara tangkap yang berbeda.

Labolatorium internet dasar juga mempunyai blog yang dapat dijadikan forum ataupun penyampaian informasi penting yang berhubungan dengan praktikum di labolatorium internet dasar. Dari segi materi, blog ini cukup memberikan banyak informasi, mungkin perlu lebih dipercantik tampilannya agar bisa menambah atensi para praktikan.
Namun secara keseluruhan labolatorium internet dasar cukup menyenangkan dan menumbang banyak informasi kepada para praktikannya. Apalagi sebagai mahasiswa pada era globalisasi sekarang, kita diharuskan mengenal lebih jauh tentang teknologi internet, karena memang internet memberikan banyak manfaat bagi kita pelajar, baik dalam urusan akademis maupun non akademis
Tulisan diatas hanya ulasan dari sudut pandang saya sebagai penulis blog, bila ada kata-kata yang kurang berkenan atau menyinggung, saya pribadi mohon maaf. Semoga post saya ini bermanfaat.

1 comments:

Fauzi Online said...

Good post..
keep blogging boy.. :)

visit my page On
Perbedaan Skripsi dan Kompre

thanks y

Post a Comment