Wednesday, November 16, 2011

Arti Kepemimpinan dalam Organisasi (resume)

Arti Kepemimpinan dalam Organisasi (resume kelompok 6)

Setelah selama berminggu-minggu kemarin kita berdiskusi, sampai saat kelompok saya untuk ber presentasi, cukup menegangkan dan saya kehabisan kata. saya sebenarnya bingung mau me resume presentasi kelompok saya sendiri atau tidak, namun saya putuskan untuk me-resume-nya, walaupun saya sedikit kebingungan, hehehe

Arti kepemimpinan dalam organisasi itu sendiri adalah, suatu prilaku yang bisa menjadikan sebuah organisasi menjadi suatu yang organisasi yang ia pimpin menjadi suatu organisasi yang kompak atau solid.
Mempunyai visi dan misi yang jelas di dalam kemajuan organisasi, bisa memanage dan fokus dalam mengemban amanat dan mengembangkan organisasinya dengan baik.

Setiap pemimpin dalam suatu organisasi juga memiliki tipe-tipe sikap dalam kepemimpinannya :



1. Tipe Otokratik
tipe ini adalah tipe seorang pemimpin yang egois, otoriter dan cenderung angkuh dengan menunjukkan keakuannya. tipe ini biasanya sering menekan mental anggota organisasi tersebut.

2. Tipe Paternalistik
tipe ini dalah tipe seorang pemimpin yang hanya terdapat di lingkungan yang masih bersifat tradisional, dan tipe ini ada bukan karena dipilih, namun menjadi pemimpin dengan sendirinya, karena peran mereka dalam masyarakat.
contohnya : tokoh adat , ulama, dan para guru

3. Tipe Kharismatik
tipe ini dalah tipe seorang pemimpin yang mempunyai daya tarik sendiri pada pemimpin tersebut sehingga menimbulkan simpati kepada organisasinya, dan membuat banyak orang ingin bergabung dalam organisasi yang ia pimpin.

4. Tipe Laissez Faire
tipe ini dalah tipe seorang pemimpin yang berpandangan bahwa organisasinya akan berjalan dengan lancar karena anggotanya yang terdiri dari orang – orang dewasa yang sudah memiliki dan tahu tujuan organisasi yang mereka ikuti.

5. Tipe Demokratik
tipe ini dalah tipe seorang pemimpin yang disegani bukan ditakuti karena memperlakukan manusia dengan cara manusiawi dan menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.



Selain tipe-tipe sikap pemimpin dalam suatu organisasi , juga ada yang teori-teori yang dilihat dari hasil survey yang dilakukan oleh orang-orang yang mempelajari kriteria-kriteria yang dilakukan oleh seorang pemimpin. dan teori tersebut adalah:

1. Teori Genetic
Inti dari teori ini tersimpul dalam mengadakan “leaders are born and not made“. bahwa penganut teori ini mengatakan bahwa seorang pemimpin akan ada karena dilahirkan dengan bakat pemimpin.Dalam keadaan bagaimana pun seorang ditempatkan pada suatu waktu ia akan menjadi pemimpin karena ia dilahirkan untuk itu. Artinya takdir telah menetapkan ia menjadi pemimpin.

2. Teori Sosial
Jika teori genetis mengatakan bahwa “leaders are born and not made”, make penganut-penganut sosial mengatakan sebaliknya yaitu : “Leaders are made and not born“.
Penganut-penganut teori ini berpendapat bahwa setiap orang akan dapat menjadi pemimpin apabila diberi pendidikan dan kesempatan untuk itu.

3. Teori Ekologis
Teori ini merupakan penyempurnaan dari kedua teori genetis dan teori sosial. Penganut-penganut teori ini berpendapat bahwa seseorang hanya dapat menjadi pemimpin yang baik apabila pada waktu lahirnya telah memiliki bakat-bakat kepemimpinan, dan bakat mana kemudian dikembangkan melalui pendidikan yang teratur dan pangalaman-pengalaman yang memungkinkannya untuk mengembangkan lebih lanjut bakat-bakat yang memang telah dimilikinya itu. Namun demikian penyelidikan yang jauh yang lebih mendalam masih diperlukan untuk dapat mengatakan secara pasti apa faktor-faktor yang menyebabkan seseorang timbul sebagai pemimpin yang baik

sekian resume dari saya, sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan materi yang saya dengan kelompok saya presentasikan, namun saya mencoba lebih memperjelas materi ini, semoga bermanfaat.


Nama : Nur Rahmawati
NPM : 15110143
Kelas : 2KA20

0 comments:

Post a Comment