Sunday, October 16, 2011

Komunikasi dalam Organisasi

Komunikasi dalam Organisasi (kelompok 4)

Yang kedua di minggu ini, merupakan diskusi dari presentasi kelompok 4, dengan judul komunikasi dalam organisasi, saya akan memaparkan resume yang saya buat.
Arti dari Komunikasi itu sendiri, komunikasi  merupakan penyampaian pesan dari komunikator(sender) kepada komunikan (receiver) melalui media tertentu dan menyebabkan efek . sedangkan pengertian dari Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Jadi arti dari komunikasi dalam organisasi adalah suatu komunikasi atau proses untuk anggota menghimpun informasi yang berhubungan dengan organisasi dan merubah apa yang terjadi didalamnya.

Tujuan dari komunikasi dalam organisasi sangat memberikan manfaat secara langsung agar antara seorang atasan dan bawahan tidak ada kesalah pahaman, jika melakukan komunikasi dengan baik.
Dimensi 2 komunikasi organisasi :
1.       Komunikasi eksternal digunakan anggota organisasi untuk melakukan interaksi denagn individu diluar organisasi.
2.       Komunikasi Internal adalah pola pesan yang dibagi (share) antar anggota interaksi manusia yang terjadi dalam organisasidan antar anggota organisasi dapat menggunakan media email.
Komunikasi akan berjalan baik, apabila dilakukan secara verbal, agar kita bisa melihat langsung bahasa tubuh orang yang kita ajak berkomunikasi, bila ini tidak bisa dilakukan, kita bisa menggunakan webcam. Dampak kesalah pahaman dalam berorganisasi sangatlah fatal.
contohnya bila kita salah membaca sebuah pesan dari anggota lain, yang seharusnya pesan itu biasa saja, namun menjadi masalah karena kita membacanya dengan notasi lain.

komunikasi yang paling baik adalah komunikasi verbal


Komunikasi dalam organisasi juga sangat antara anggota dan ketua, jika tidak adanya komunikasi, atau kurang baiknya komunikasi yang terjalin, makan bisa saja menyebabkan kehancuran untuk organisasi itu sendiri, maka kita semua sebagai anggota ataupun sebagai ketua harus selalu menjaga komunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.


Nama : Nur Rahmawati
NPM : 15110143
Kelas : 2KA20

0 comments:

Post a Comment