Sunday, October 16, 2011

Proses yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan dalam Organisasi

Proses yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam organisasi (kelompok 3)

kemarin tanggal 15 oktober, kelas saya kembali melakukan diskusi presentasi, minggu ini giliran kelompok 3 dan 4, yang saya akan uraikan sekarang adalah kelompok 3, yang membahas tentang proses yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam organisasi.

Pengambilan keputusan artinya menentukan suatu jalan keluar dari suatu permasalahan dengan kata lain menentukan alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang mungkin dilakukan untuk memecahkan masalah yang sedang dihapadi oleh organisasi itu.
Proses pengambilan keputusan dalam organisasi dibagi menjadi 3, yaitu:
1.       Keputusan Strategis
keputusan strategis merupakan keputusan yang dibuat oleh manajemen  puncak dari suatu organisasi. Keputusan ini biasanya, memutuskan keputusannya dengan waktu jangka panjang.
contoh: kepala negara dalam organisasi negara.
2.       Keputusan Taktis
Keputusan taktis merupakan keputusan yang dibuat oleh manajemen menengah.
3.       Keputusan Operasional
Keputusan operasional merupakan keputusan yang dibuat oleh manajemen bawah. Keputusan ini biasanya diputuskan tanpa meminta pendapat dari pimpinan terlebih dahulu, jadi langsung diputusankan saat itu juga.
contoh: customer service yang harus melayani setiap keluhan pelanggan dan memberikan solusi saat itu juga.

Proses manajemen keputusan terdiri dari 4 metode :
1. Kewenangan tanpa diskusi
2. Pendapat ahli
3. Kewenangan setelah diskusi
4. Kesepakatan

Pengaruh pengambilan keputusan yaitu orang yang memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan.
contoh : ketua atau pimpinan.

SBY dengan kharismanya

Yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan :
1. kekuatan mental
    kekuatan mental sangat diperlukan karna bila mental kita tidak tangguh, maka keputusan yang   kita ambil pun bisa dengan mudah goyah.
2. Sanksi
    Sanksi harus diberlakukan karna atanpa sanksi, semua orang bisa mengambil keputusan dengan semaunya.
3. Keahlian
    Tanpa suatu keahlian, seseorang tidak akan bisa maju dalam sebuah organisasi, walaupun ia memiliki hubungan relasi dengan orang dalam.
4. Kharisma
    Kharisma, hanya dengan memiliki kharisma seorang pemimpin tidak perlu berbuat apapun, jika ia sudah memiliki kharisma.


Nama : Nur Rahmawati
NPM : 15110143
Kelas : 2KA20

0 comments:

Post a Comment