Friday, January 13, 2012

Global Warming (Selamatkan Bumi kita)

Global Warming, pasti udah ga asing lagi kan dengan dua kata tersebut?
Global warming adalah topik hangat yang selalu asik untuk diperbincangkan, realita kehidupan yang kita jalani dibumi kita tercinta ini. kita sering menyerukan STOP Global Warming!!! dan menemukan beberapa organisasi aktivis yang mengajak kita untuk menggalakkan misi untuk menyelamatkan bumi, seperti Go Green Indonesia, Green peace dan sebagainya.

Selamatkan saya!!!





Tapi apa sih global warming tersebut? apakah kalian pernah tahu apa arti sebenarnya?Global warming atau pemansan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosferlaut, dan daratan BumiSuhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F)
selama seratus tahun terakhir.


Ngerasa nggak kalau siang hari sekarang makin panas banget, saya aja yang tinggal di Depok ngerasa gitu -,-" kalau siang rasanya males buat keluar, mending ngadem dirumah, tapi kalau gak pakai AC, rumah juga panas, oke ngadem di DPR aja (baca = dibawah pohon rindang). dan kebalikannya, kalau malam udara malah dingin, tapi bersyukur sih Depok belum separah Jakarta. Dan cuaca sekarang makin tidak menentu sesuai musim.

Sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.

Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti 

Naiknya permukaan air laut



Kebayang kan kalau seandainya permukaan laut naik, itu tandanya daratan akan semakin berkurang, dan entah kapan cepat atau lambat bumi kita ini akan tenggelan!! :|


Meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem

Nah ini tadi, cuaca yang tidak menentu dan perubahan cuaca yang ekstrem, penyebabnya adalah global warming ini.


Hilangnya gletser




Ilmuwan mengklaim gletser seluruh dunia telah mencair 100 kali lebih cepat dalam kurun 350 tahun. Bahayanya, ini berdampak pada jutaan manusia yang bergantung pada air tawar. Hal ini pula lah yang menyebabkan naiknya debit air laut.


Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, dan punahnya berbagai jenis hewan.


Beruang Kutub

Beruang kutub adalah salah satu hewan yang terancam punah, karena habitatnya sebagai tempat tinggal secara perlahan berkurang dan bahkan terancam menghilang.

Selain efek rumah kaca ada juga penyebab pendukung lainnya, salah satunya adalah kebakaran hutan. Ironisnya hal ini kebanyakan bukanlah faktor alam, melainkan kesengajaan manusia yang tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja membakar hutan untuk kepentingan pribadi. Selain dibakar, mereka juga sering menggunduli hutan secara masal dan ironisnya terkadang itu legal untuk dilakukan dengan adanya uang. Biasanya mereka melakukan ini untuk membuka lahan, misalnya untuk perkebunan kelapa sawit dan sebagainya.




Selain itu asap industri dan kendaraan bermotor pun ikut andil besar dalam menyumbang emisi gas karbon. 




Sebagai penghuni bumi ini, apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi kita ini?

Untuk menyelamatkan bumi kita ada beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan yang petama adalah menanam pohon di pekarangan rumah, dan membuat lahan hijau disekitar rumah kita. Hal itu bisa sedikit mengurangi polusi, karna pepohonan bisa mengikat gas karbon. 

Hal lainnya adalah, jika kalian merokok, mulailah dari sekarang berhenti merokok, selain merusak paru-paru anda dan orang lain disekitar anda, rokok juga ikut berperan menyumbang polusi di bumi.

Buanglah sampah pada tempatnya, terlalu banyak orang yang menganggap sepele hal ini, dengan sengaja membuang sampah di sungai, namun sebenarnya hal ini merugikan kita sendiri.

Mulailah perbanyak berjalan kaki, karna hal ini juga bagus untuk kesehatan. Atau anda bisa mulai menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Bila anda terbiasa menggunakan kendaraan pribadi, mulailah menggunakan kendaraan umum, untuk mengurangi polusi.

Menghemat Energi dan Air, dengan menghemat energi listrik terutama, kita mengurai gas karbon di udara. karna seperti yang kita ketahui di Indonesia untuk membangkitkan tenaga listrik digunakan batu bara. ironisnya batu bara adalah bahan paling tidak bersahabat terhadap lingkungan. menghemat air untuk anak cucu kita di masa depan juga salah satu hal yang bisa kita lakukan.




Ayo mulai sekarang kita peduli lingkungan, untuk menyelamatkan bumi kita dan mencegah pemanasan global . Go Green Indonesia!!!!





0 comments:

Post a Comment