Saturday, January 21, 2012

Kebaikkan seorang supir angkot

kemarin waktu berangkat ke kampus, seperti biasa gue naik angkot 105 dari rumah ke terminal Depok, setelah itu gue naik D11, gue pilih angkot yang penuh dong biar ga ngetem lama, karna gue ujiannya jam 9. Kemarin itu ujian Teknik pemrograman terstruktur 1.


Jalan Margonda Raya


Seperti biasa gak ada hal yang spesial dari perjalanan gue ini, penumpang pun turun naik satu demi satu. sampai sampai penumpangnya hanya tinggal bertiga. Gue dan 2 orang mas-mas yang sepertinya bersahabat. Gue kira angkot yang gue naikkin mau ikut ngetem sama angkot lain di daerah kober kesananya lagi. pokoknya tempat angkot yang banyak ngetem.



Gue gak fokus sama apa yang ada disekitar gue, gue cuma diem sambil dengerin musik. Tiba-tiba angkot yang gue naikkin berenti, dan supir angkotnya ngomong ke ibu-ibu yang mau nyebrang jalan.
"sebentar bu saya seberangin" cuma kata itu yang dia ucap. dia langsung turun dan nyeberangin ibu itu. ibu itu gak terlalu tua juga, dia menggendong anaknya yang masih balita.

Kalian yang tinggal di Depok pasti tahu gimana padatnya dan seremnya kalau mau nyebrang di jalan raya MARGONDA. si abang itu agak lama nyebranginnya, dan saat itu ada ibu-ibu mau naik, tapi gak jadi karena lihat supirnya gak ada. padahal gue udah bilang "masuk aja bu, si abangnya lagi nyeberangin orang" cuma entah si ibu gak denger atau apa, dia malah naik angkot yang dibelakangnya.

Namanya juga rejeki gak kemana, setelah si abang kembali, ada seorang ibu yang naik, sama persis dengan ibu yang gak jadi naik itu "membawa balita" (banyak ya ibu + balita). Nah gue dapet beberapa hikmah dari kejadian ini, yang pertama menolong orang itu gak usah pilih-pilih, siapapun selagi kita mampu kita harus tolong, gue rasa supir angkot ini kasian karna coba kalau istri dan anaknya yang diposisi ibu yang mau nyeberang itu.

Tapi kita harus lihat ketulusan hatinya, tanpa mengharapkan imbalan si bapak supir angkot ini mau membantu. walaupun karna membantu ini dia kehilangan 1 penumpang yang tidak jadi naik. tapi kalian harus ingat Allah itu maha adil, setiap kita melakukan kebaikan, maka kita akan mendapat kebaikan itu kembali entah dalam waktu cepat atau lambat, atau bahkan untuk tabungan kita nanti di akhirat.

Dan Allah ganti penumpang supir ini dengan penumpang baru yang sama persis. Allah itu maha adil, hanya dari kitanya aja yang bisa ikhlas dan bersyukur atau tidak. jujur gue terharu banget lihatnya, even ini tuh cuma hal kecil, yaitu nolong orang nyeberang jalan. tapi entah kenapa gue salut, soalnya di jaman sekarang jarang banget orang yang baik, walaupun mereka baik, mereka pasti lebih mementingkan diri sendiri daripada orang lain. termasuk gue sih, tapi coba aja kita renungkan dan ambil hikmah dari setiap kejadian yang kita alamin 

0 comments:

Post a Comment