Friday, January 13, 2012

Universitas terbaik di Korea Selatan

Karena kepopuleran k-drama dan k-pop di Indonesia, banyak bermunculan pecinta korea. Negeri Ginseng ini memang memiliki banyak hal menarik. Banyak sekali anak-anak Indonesia yang berminat menjalani studi di Korea Selatan. Berikut ini adalah beberapa profile beberapa universitas terkenal yang ada disana.


  • Korea Advanced Institute of Science & Technology [KAIST]



Logo KAIST



Korea Advace Institute of  Science and Technology biasa dikenal dengan KAIST.  KAIST termasuk universitas kenamaan di Korea maupun Asia. KAIST bisa dikatakan sebagai ITB-nya Korea. Berdasarkan Webometric per Januari 2011 KAIST menjadi universitas terbaik pertama di Korea Selatan. Dan menempati urutan ke-242 di dunia.


Berlokasi di Daedeok Innopolis, Daejeon, Korea Selatan. KAIST didirikan oleh pemerintah Korea pada tahun 1971 sebagai penelitian pertama yang berorientasi ilmu pengetahuan bangsa dan lembaga rekayasa. Di QS-The Times World University Rankings pada tahun 2009 KAIST berada peringkat ke-69 dari keseluruhan dan peringkat ke-21 dalam teknologi. Yang paling baru 2011 QS World University Rankings, peringkat KAIST sebagai keseluruhan ke-90 dan ke-27 dalam Teknik dan TI.

Universitas ini menerapkan sistem yang cukup keras, yaitu IPK harus di atas 3,2. Karna jika tidak memenuhi standar IPK yang telah ditentukan, mahasiswa yang bersangkutan akan dikenakan denda. Hal ini menyebabkan beberapa kasus bunuh diri mahasiswa KAIST, diduga karena tertekan dan harus membayar denda yang lumayan mahal.

  • Seoul National University [SNU]

Logo SNU



Seoul National University atau dalam bahasa indonesia, Universitas nasional Seoul adalah sebuah universitas riset nasional yang terkemuka di Korea Selatan. Terletak di Seoul, universitas ini didirikan pada 22 Agustus 1946 dengan menggabungkan 10 perguruan tinggi di sekitar wilayah Seoul dan sering dianggap sebagai perguruan tinggi paling prestisius di Korea Selatan. Lebih dari 30.000 mahasiswa belajar di Universitas Nasional Seoul, sementara jumlah staf universitas mencapai 1.900. Mottonya adalah Veritas lux mea dalam bahasa latin artinya "Kebenaran adalah cahaya saya".

Universitas ini menempati peringkat ke-20 di dunia dalam publikasi analisis data dari Science Citation Index.  menempati urutan ke-7 di Asia dan ke-42 di dunia berdasarkan QS World University Rankings tahun 2011. dan ke-13 di Asia dan ke-124 di dunia oleh Times Higher Education World University Rankings tahun 2011. Pada tahun 2009, Ecole des Mines de Paris - MINES Paris Tech melaporkan bahwa SNU menempati peringkat 5 di dunia dalam hal jumlah alumni yang saat ini memegang posisi CEO di Fortune 500 perusahaan, di antara alumni  yang menonjol adalah Ban Ki-moon (saat ini Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa), dan LG dan Samsung Electronics CEO.

Sangat sulit untuk dapat masuk ke universitas ini, karna universitas ini seperti UI-nya Korea. Karena universitas ini merukapakan universitas favorite, maka anda harus berusaha keras untuk masuk ke universitas ini.

  • Chung-Ang University [CAU]

Logo CAU




Chung-Ang University (CAU) adalah lembaga yang komprehensif swasta di Korea Selatan, yang terletak lebih dari dua kampus di Seoul dan Anseong. Ini didirikan berikutnya menuju pembebasan dari kekuasaan kolonial Jepang untuk kepentingan bangsa dan kemajuan peradaban, dengan filosofi pendidikan Kebenaran dan Keadilan,di bawah arahan Dr Young-Shin Yim.
Universitas ini adalah yang pertama di Korea Selatan untuk menawarkan program studi di Farmasi, Manajemen Bisnis, Komunikasi Massa,Periklanan & Hubungan Masyarakat, Fotografi, dan Studi Drama dan Film, dan terkenal di bidang Farmasi, Media dan Seni.Menurut analisis terakhir, Sekolah Komunikasi Massa di Universitas Chung-Ang telah menghasilkan jumlah tertinggi wartawan dalam posisi manajerial di organisasi media utama, sedangkan Departemen Hubungan Masyarakat Periklanan & telah menghasilkan jumlah tertinggi agen periklanan dari semua universitas di negeri. 
Program pascasarjana yang ditawarkan oleh Chung-Ang University termasuk orang-orang di MBA, Law School dan Sekolah Kedokteran. Pada tahun 2008perusahaan global, Doosan, didirikan sebagai lembaga pendidikan, dan CAU 2018dirumuskan di bawah rencana pembangunan baru, yang bertujuan untuk menumbuhkan pengetahuan kelas dunia dan membangun kemampuan akademik untuk mencapai peringkat dalam waktu 100 dari internasional universitas yang terkenal pada tahun 2018, memperingati Chung-Ang University Tahun Centennial.

Banyak bintang korea yang bersekolah di universitas ini, kebanyakan dari mereka melirik departemen drama dan film atau musik dan seni. Artis Korea yang bersekolah disini antara lain adalah member snsd Yuri, artis Go Ara, Kim soo eun, Park shin hye, Kim bun dan masih banyak lagi.


  • Korea University

Logo Korea University


Korea University adalah salah satu universitas swasta terkemuka di Seoul, Korea Selatan dan memiliki dua kampus, yaitu kampus Anam (terbesar) dan kampus kedua di Jochiwon. Universitas Korea didirikan pada tahun 1905, merupakan salah satu tiga besar universitas terbaik di Korea Selatan. Universitas Korea terdiri dari 81 departemen, 15 sekolah tinggi, dan 75 lembaga penelitian. Jumlah total mahasiswa mencapai 30.000 orang, mencakup program sarjanamagister, dan doktor. Sebagai bagian dari usaha globalisasinya, Universitas Korea telah mengadakan program pertukaran mahasiswa dengan universitas-universitas lain di seluruh dunia.Korea University menduduki ranking 150 di dunia pada bulan Oktober 2006 dalam survei oleh The Times Higher Education Supplement, lebih baik dari pada ranking 184 yang dicapai tahun 2005, ketika Departemen Ilmu Pengetahuan Sosial menduduki peringkat 66, dan Kesenian Liberal ranking ke-89.
Kementerian Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menyatakan bahwa Korea University menduduki peringkat 153 di dunia dan ke-4 di Korea, berdasarkan jumlah paper yang diterbitkan di jurnal Science Citation Index. Menurut Peringkat Akademik Universitas Dunia oleh Universitas Jiao Tong Shanghai di Republik Rakyat Tiongkok, Universitas ini menduduki peringkat ke 301-400. Jurusan bisnis di Universitas Korea juga mendapat pengakuan dunia internasional dengan mendapat sertifikasi Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) untuk level mahasiswa dan sarjana dan European Quality Improvement System (EQUIS) untuk pertama kalinya di Korea, yang disebut sebagai 2 seritifikasi tertinggi di dunia untuk jurusan pendidikan bisnis.


  • Yonsei University
Logo Yonsei University




Yonsei University adalah sebuah universitas riset swasta Kristen, yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Didirikanpada tahun 1885, Universitas ini adalah salah satu universitas tertua di Korea Selatan, universitas yang komprehensif atas swasta di Korea Selatan, dan secara luas dianggap sebagai salah satu dari tiga universitas terkemuka yang komprehensif di negaranya.

Pada tahun 2011, Yonsei University menduduki peringkat ke-129 dalam QS World University Rankings dan diurutan 190 di dunia oleh Times Higher Education World University Rankings.
Yonsei University adalah sebuah sekolah yang didirikan pada prinsip-prinsip Kristen yang dimaksudkan untuk "menghasilkan pemimpin Kristen dengan roh-roh kebebasan dan kebenaran" Pada tahun 2007, Dewan Direksi dari Yonsei University harus mencakup anggota dari 4 organisasi Kristen Korea, Gereja Presbiterian Korea (대한 예수교 장로회), Gereja Presbyterian diRepublik Korea (한국 기독교 장로회), Gereja Methodist Korea (기독교 대한 감리회), dan Gereja Anglikan Korea (대한 성공회) di Korea dan Jepang, sekolah Kristen yang didirikan oleh organisasi-organisasi Kristen atau individu, terutama oleh misionaris Barat, seperti Universitas Yonsei, yang biasa disebut sekolah misi.

  • Pohang University of Science and Technology [POSTECH]
Logo POSTECH



POSTECH adalah sebuah universitas swasta, yang berbasis di Pohang, Korea Selatan, yang didedikasikan untuk penelitian dan pendidikan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologiPada tahun 1998, oleh Asiaweek dinobatkan sebagai universitas ilmu terbaik dan universitas teknologi terbaik di Asia.Dari 2002-2006, salah satu koran yang paling beredarharian Korea, JoongAng Ilbo peringkat POSTECH sebagai universitas terkemuka di Korea. Pada tahun 2010, Times Higher Education peringkat universitas sebagai universitas terbaik ke-28 di dunia, yang terbaik ketiga di Asia, dan terbaik di Korea Selatan.Pada tahun 2011, dalam QS World University Rankings universitas ini berada di 98 secara keseluruhan di dunia. Ini tetap peringkat terbaik kedua di Korea, setelah KAIST, di QS Asian University Rankings. 


Bagaimana? apakah anda berminat untuk kuliah di universitas-universitas tersebut, belajarlah dengan rajin!! :))





0 comments:

Post a Comment