Thursday, January 12, 2012

Jajanan khas kota Bandung

Kalau kita berkunjung ke kota Bandung, tidak lengkap bila kita tidak mencicipi kuliner dan membawa buah tangan dari kota tersebut, karena selain banyak tempat wisata menarik kota ini juga terkenal dengan keanekaragam jajanan khas yang sayang sekali kalau di lewatkan, mari kita simak!!!^^*


  • Peuyeum

Peuyeum


Apakah kalian tahu peuyeum? peuyeum adalah tapai (tape) singkong. peuyeum ini banyak di jumpai di toko-toko oleh-oleh sebagai salah satu ikon khas Bandung. Di kawasan Cibaduyut, Cihampelas, Pasteur, bahkan di daerah sekitar terminal pun banyak dijual peuyeum Bandung. Banyak wisatawan yang membawa pulang peuyeum sebagai oleh-oleh khas Bandung.





  • Pisang Molen 



Pisang Molen Kartika Sari




Pisang Molen sudah terkenal sejak dulu merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari di Bandung, bahkan selain rasa yang original, sekarang tersedia pula dalam berbagai pilihan rasa. Nah, untuk mencari jajanan atau oleh-oleh yang satu ini, jangan khawatir, pisang bolen/pisang molen ada di banyak tempat, di antaranya adalah Kartika Sari, Prima Rasa, Mayasari, bahkan di sepanjang jalan di mana tempat turis/pelancong datang ke Bandung banyak tersedia oleh-oleh Bandung yang satu ini, seperti di Cihampelas, di sepanjang jalan Pasteur, di daerah jalan Dago dan Riau yang banyak terdapat Factory Outlet. Harganya sendiri, untuk pisang bolen/pisang molen berkisar Rp 27.000 – Rp 35.000 an per kotak atau per paknya.




  • Serabi Bandung


Serabi Bandung







Variasinya sekarang menjadi sangat banyak karena penjual otomatis mengikuti permintaan konsumen. Salah satu tempat yang terkenal dengan Surabi/serabi Bandung adalah kawasan Setiabudi Bandung, yaitu Surabi Enhaii Bandung (NHI Bandung). Kenapa dinamakan Surabi Enhaii, lokasinya karena terletak dekat dengan kampus Enhaii (NHI) Bandung Utara. Ada juga Surabi Ina yang juga menjajakan berbagai macam variasi surabi/serabi. Nah, bagi Anda yang ingin membawa pulang surabi Bandung sebagai oleh-oleh, datang saja ke lokasi-lokasi di atas.


  • Brownies

Brownies Cheese Amanda

Untuk Brownies Bandung, walaupun makanan enak/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini baru booming dalam beberapa tahun terakhir, tapi banyak sekali yang terjun ke dalam bisnis makanan yang satu ini. Ada berbagai macam versi dari Brownies, mulai dari Brownies Kukus, Brownies Panggang, dll. Tempat-tempat yang bisa dikunjungi bila Anda berminat memborong oleh-oleh atau jajanan khas Bandung yang satu ini adalah Amanda Brownies, Kartika Sari, Prima Rasa, dll. Harga untuk Brownies berkisar antara Rp 30.000 – 60.000 an per kotak/ per pak nya. Nah, silahkan memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini.


  • Martabak Bandung

Martabak Bolu Bandung


Kota Kembang Bandung juga terkenal dengan martabaknya, terutama martabak manisnya. Beberapa yang terkenal adalah Martabak San Fransisco, Martabak Bolu, Martabak Good di Jalan Cibadak,Martabak Intisari di Jalan Sudirman dan lain-lain. Banyak pembeli yang membeli makanan atau oleh-oleh khas yang satu ini untuk dibawa ke kota lain. Namun, martabak manis paling enak jika dimakan selagi hangat.


  • Batagor Bandung



Batagor Bandung









Kudapan yang merupakan baso tahu/siomay yang digoreng ini mengandalkan perpaduan rasa antara sambal kacang, kecap, dan rasa dari batagor itu sendiri yang ada campuuran ikan.  Jajanan/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini paling enak dimakan hangat-hangat.  Beberapa yang terkenal sebagai tempat membeli oleh-oleh Bandung yang satu ini adalah Batagor Kingsley, Batagor RiriBatagor H. Isan, Batagor Abuy, dan lain-lain




  • Tempe Goreng







Saat berkunjung ke kota Bandung tidak lengkap juga bila tidak membeli cemilan yang satu ini, tempe bandung. Walaupun hanya tempe yang goreng dengan tepung yang menggunakan bumbu, namun rasanya sayang bila ke Bandung tanpa membeli jajanan ini. Tempe goreng bisa anda temukan di tempat oleh-oleh dengan mudahnya, bahkan biasanya anda bisa melihat mereka sedang menggorengnya di wajan besar di tokonya langsung.


  • Es Cendol Bandung

Cendol Elizabeth



Minuman segar yang satu ini sebenarnya bisa anda jumpai di kota lain namun Bandung memiliki cendol khas nya sendiri. Minuman yang satu ini memang manis dan segar, apalagi jika diminum dingin-dingin di hari yang terik. Salah satu yang terkenal dengan minuman /jajanan cendol Bandung adalah Es Cendol dari Elizabeth Bandung.



nah, diatas merupakan beberapa jajanan khas Bandung yang wajib anda cicipi atau anda bawa pulang saat anda berkunjung ke kota Parahiyangan tersebut, sebenarnya masih banyak kuliner Bandung yang bisa kalian coba, namun beberapa diatas yang saya jabarkan, merupakan yang paling populer (?) kkkkk
Selamat berburu...

1 comments:

Unknown said...

kirim alamat martabak bolunya dong,,,soalnya saya ada rencana mau ke bandung,,,

Post a Comment